WIRANTO TERBUKTI SELEWENGKAN DANA DESA DI VONIS SATU TAHUN ENAM BULAN PENJARA

Journalpolice.id

Sragen-Majelis hakim tindak pidana korupsi ( TIPIKOR) semarang menjatuh kan putusan pidana terhadap kepala desa hadiluwih kecamatan sumberlawang kabupaten sragen.

Wiranto , terdakwa terbukti melakukan korupsi dana alokasi dana desa ( ADD ) dan dana desa ( DD ) sebesar Rp 419 juta tahun 2016 ,atas perbuatannya yang telah terbukti di persidangan majelis hakim menjatuhkan kepada terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan .

Selain di kenakan hukuman , Wiranto juga di hukum membayar uang penganti atas kerugian negara kekurangan sebesar Rp 178 juta . jika tidak dapat membayar maka harta benda milik terdakwa akan di sita oleh negara dan apa bila harta benda miliknya tidak mencukupi maka akan di ganti dengan hukuman 1 tahun penjara” kata majelis hakim.

Putusan ini di bacakan dalam sidang terbuka untuk umum di pengadilan TIPIKOR semarang , Senin ( 7/5/2018) oleh ketua majelis hakim Ari widodo Sh.
Selanjutnya, yang memberatkan terdakwa di vonis penjara , karena tidak membantu pemerintah dalam memberantas korupsi , di dalam persidangan terdakwa berbelit belit.

Sedangkan yang meringankan terdakwa sebagai kepala rumah tangga.
Majelis hakim Ari widodo menambahkan, memberi kesempatan JPU dan terdakwa untuk menyatakan sikap terhadap putusan tersebut. JPU dan terdakwa langsung menyatakan pikir pikir .

Kontributor : suparno gundul jp

Editor: gendut jp