banner 468x60

Warga Barong Sumberlawang Selalu Ritual Sembelih Hewan Qurban Sebagaimana Itba Nabi Ibrahim

banner 160x600
banner 468x60

JP | SRAGEN, – Saat pandemi tetap Patuhi aturan Sosial distanting di Perayaan Idul Adha 1441 H dalam ritual sembelih Qurban yang jadi rutinitas bagi warga Barong Pendem Sumberlawang Kabupaten Sragen, Jateng tiap tahunya.

Qurban merupakan ritual ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Pada hari raya qurban tahun ini dilakukan penyembelihan binatang ternak sejumlah 8 ekor sapi dan 3 ekor kambing secara berkelompok tiap ekor sapi, untuk dipersembahkan kepada Allah. Qurban biasa dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, tepatnya pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah.

Pada Hari Raya Idul Adha, diperingati peristiwa qurban dimana Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah SWT. Melihat pengorbanan Nabi Ibrahim, Allah kemudian mengganti anaknya dengan seekor domba ketika waktu penyembelihan tiba.(31 /7 /20).

Untuk tahun ini tetap jalankan penyembelihan Qurban di hari sabtu dikarenakan saat idul adha bertepatan hari jum’at sehingga dilaksanakan secara gotong royong .

“Ditengah Pandemi Covid-19 di ungkapkan oleh panitia Qurban bahwa kita dilatih untuk membiasakan hidup sehat, semoga kita dijauhkan dari berbagai macam penyakit maupun Virus. Kebiasaan yang harus kita biasakan dan tingkatkan antara lain disiplin menggunakan masker, disipiln jaga jarak serta disiplin mencuci tangan” panita juga siapkan masker dan lain lain , ucapnya.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang jumlah hewan Qurban bisa lebih banyak lagi mengingat jumlah warga Barong juga banyak, selain itu akan menambah juga kemanfaatan bagi masyarakat dilingkungan Barong, harap Jumanto.

Disisi lain tugas masing warga ada bagian kelompok sembelih , bagian odel odel , pecel pecel tulang, cuci jerohan, bakar kulit, tidak lupa ibu-ibu bagian memotong daging dan membagiakan dan memasukan di dalam plastik hingga selesai.( rhdyt)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Warga Barong Sumberlawang Selalu Ritual Sembelih Hewan Qurban Sebagaimana Itba Nabi Ibrahim"