banner 468x60

UPTPK Sragen dapat Kritik Keras Wakil Ketua DPRD

209 views
banner 160x600
banner 468x60


JOURNALPOLICE.ID , Sragen- Sidak yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto di Kantor Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) beberapa hari yang lalu, Menuai kritik keras dari berbagai kalangan, tak terkecuali Ketua Paguyuban Mahasiswa Pintar Sukowati 2013, Mardha Ferry Yanwar.

Menurut Ferry yang juga Ketua IV DPD LMPN Jateng, sebenarnya mengapresiasi Sidak Wakil Ketua DPRD yang mau turun langsung mengawasi kinerja pemerintah daerah. Namun kritikan yang dilontarkan Bambang terhadap UPTPK dinilai berlebihan.

Pada sidak itu bambang diduga telah mengancam pembubaran UPTPK hanya karena banyaknya komplain dari masyarakat yang menilai kinerja pelayanan UPTPK menurun.

Padahal bila dibandingkan Jumlah SDM di UPTPK dengan Jumlah masyarakat miskin di Sragen itu tentu tidak sebanding, Saat ini Jumlah tenaga di UPTPK hanya 11 Personil, sedangkan menurut data di BPS Sragen, Jumlah Warga Miskin di Sragen masih diatas 100 ribuan orang. Sehingga bisa diartikan sendiri bila melihat angka-angka tersebut.

“Seharusnya Wakil Ketua DPRD Sragen itu tidak perlu berlebihan dengan menyebut UPTPK untuk dilanjutkan atau dibubarkan. Kita bisa bandingkan sebelum ada UPTPK apakah warga miskin di Sragen merasa diringankan bebannya, di uwongke oleh pelayanan publik? tentu berbeda dengan adanya UPTPK, Justru karena Inovasi Pemkab Sragen dengan membentuk UPTPK inilah beban masyarakat miskin di Sragen bisa berkurang, karena Pendidikan dan kesehatan terlayani dengan baik.

Kita juga tahu bagaimana Prestasi UPTPK di Mata Dunia kan? Tapi kritik pedas Wakil ketua DPRD pada sidak beberapa hari yang lalu seakan melemahkan UPTPK dan menimpakan urusan tanggung jawab pengentasan kemiskinan di Sragen hanya kepada UPTPK saja” Ujar Ferry

“Sangat disayangkan bila Inovasi Pelayanan Publik dalam pengentasan Kemiskinan di Sragen ini harus dibubarkan, mengingat sudah banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat miskin di Sragen karena kehadiran UPTPK.

Kalo boleh membandingkan, Kinerja DPRD Sragen seharusnya yang harus dikritisi, Sudah berapa PERDA yang sudah diajukan DPRD Sragen selama ini, dan dirasakan benar-benar manfaatnya oleh masyarakat Sragen?” Tambah Ferry.

“Sebagai masyarakat yang pernah merasakan manfaat dari UPTPK, di bidang Pendidikan, Seharusnya pemerintah jangan tinggal diam juga untuk mengkritisi Kinerja DPRD, kan sudah seharusnya antara Legislatif dan Eksekutif itu Checks and Balances. harusnya sama-sama mengawasi dan bersinergi untuk kemajuan Sragen menjadi lebih baik lagi bukan saling melemahkan”. Pungkasnya.

Editor : R.hidayat
Sumber : Bambang/Tim JP

Email Autoresponder indonesia
author
3 Respon
    • author
      Penulis

      Jurnalpolice.id12 bulan ago

      Itu di situ ada sumber dan editor nya mas coba sy cek spa yg masukan thx info nya

    • author

      Broto11 bulan ago

      Maaf mas sumber kita cantumkan jg dr infodesanews