banner 468x60

TIM SABER PUNGLI TANGKAP OKNUM DINAS DUKCAPIL KABUPATEN CIREBON

249 views
banner 160x600
banner 468x60

JAKARTA – Acungan jempol pantas diberikan kepada tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat dan Satuan Reserse Kriminal Polresta Cirebon. Pada Rabu (24/6) lalu mereka menangkap tangan oknum Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Cirebon, MSE.

Pada operasi tangkap tangan (OTT) di Cirebon itu, tim menangkap MSE bersama dua orang aparatur sipil negara (ASN) dan 3 orang tenaga hononer. Mereka diduga menjual blangko kosong KTP Elektronik (E-KTP) dan memungut pembuatan E-KTP tanpa melalui online.

Dari OTT itu tim Saber Pungli menyita 62 keping KTP sudah jadi, sepuluh keping blangko KTP kosong, empat blangko milik Kepala Bdang Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabuaten Cirebon. Selain itu juga disita delapan keping KTP sudah jadi tidak melalui online, dan tiga keping KTP (online) dan uang jutaan rupiah.

Pengutan liar dalam pembuatan KTP dan memperjualbelikan blangko KTP merupakan perbuatan pidana datur dalam Pasal 95B Undang Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Tindak Pidana Korupsi. Mereka yang tertangkap tangan terse but selanjutnya diserahkan kepada Unit Pemberantasan Pungutan Liar Satuan Reserse Kriminal Polresta Cirebon untuk diproses hukum lebih lanjut. (TIM MEDIA ATGAS SABER PUNGLI.

SUMBER : saberpungli.id
#SaberPungli #StopPungli #IndonesiaBersihPungli

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.