banner 468x60

Suasana Haru Selimuti Acara Tradisi Sakral Sungkeman Calon Warga SH Terate Ranting Miri

banner 160x600
banner 468x60

SRAGEN, Journalpolice.id- Sebagai calon anggota warga yang akan mengikuti pengesahan, sedikitnya 133 calon warga SH Terate Ranting Miri Cabang Sragen Pusat Madiun mengikuti tradisi sakral Sungkeman. Acara ini dilaksanakan di aula balai desa Soko kecamatan Miri kabupaten Sragen. Sabtu (30/07/2022).

Acara ini bertujuan untuk meminta doa restu kepada orang tua atau wali sebelum para calon warga tersebut mengikuti agenda pengesahan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022 nanti. Selain memberikan doa restu, orang tua atau wali sengaja dihadirkan dalam acara ini juga untuk mempererat hubungan para pelatih dengan orang tua atau wali, hal ini supaya terjalin hubungan baik antara pengurus ranting, pelatih, warga dan orang tua atau wali.

Dalam acara tersebut, terjadi momentum mengharukan dimana para calon warga diminta untuk membasuh kaki orang tua yang didominasi diwakili oleh ibunya. Isak tangis haru tak bisa terbendung, mungkin karena momentum seperti itu jarang sekali terjadi.

Sakimin ketua SH Terate ranting Miri mengatakan acara ini merupakan agenda yang setiap tahunnya dilaksanakan sebelum menjelang pengesahan calon warga.

“Acara ini sudah menjadi tradisi tahunan, tujuan utamanya untuk meminta restu kepada orang tua atau wali. Supaya dalam pelaksanaan pengesahan warga baru nanti para calon warga diberikan kelancaran dan keselamatan,” kata Sakimin.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa perwakilan dari rayon Gilirejo Baru mengungkapkan ia merasa terharu sekali, jarang sekali ia bersama anaknya melakukan hal sedemikan itu, baru diacara di SH Terate ini ia bisa merasakan haru yang luar biasa.

“Saya sangat terharu, kaki saya dicuci anak saya, sebagai seorang ibu saya sangat terketuk, sampai air mata saya tidak bisa terbendung,” ujarnya.(sug)

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.