banner 468x60

Suara Glunggg Keras Dalam Tanah Masyarakat Tulungagung Panik Begini Penjelasan BMKG

banner 160x600
banner 468x60


JP-TULUNGAGUNG – Masyarakat Tulungagung dan sekitarnya dikejutkan dengan suara dentuman yang cukup keras, pada pagi hari ini. Suara dentuman seperti bunyi ledakan ini membuat beberapa kaca di rumah warga bergetar.

“Suaranya seperti ledakan keras tapi cuma sekali saja,” ungkap Fajar, warga Ngunut, Kabupaten Tulungagung, kepada Okezone, Senin (25/11/2019).

Fajar menambahkan meski cukup keras, beruntung tak membuat rumahnya mengalami kerusakan. “Kalau rusak tidak, hanya tadi kaca sempat bergetar karena suara itu. Tidak tahu sumbernya darimana (suaranya),” paparnya.

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Sawahan, Muhammad Chudori membenarkan adanya suara dari getaran yang terjadi dari dalam tanah.

“Kalau kekuatannya kecil, tidak sampai 1 skala richter,” ucap Chudori.

Namun ia tak mengetahui suara yang ditimbulkan berasal dari mana. Alat yang berada di kantor Stasiun BMKG Sawahan juga tak dapat mencatat lokasi koordinat persisnya.

“Kalau lokasinya sulit dianalisa karena hanya satu alatnya, jadi tidak bisa ditentukan koordinatnya,” jelasnya kembali.

Chudori juga belum berani menyebut bila suara tersebut berasal dari pergeseran lempeng atau sesar lokal yang berada di sekitar Tulungagung dan Trenggalek.

“Kalau kita di Pulau Jawa ini termasuk di atas Lempeng Eurasia, tapi patahan atau lokal di Tulungagung kami belum tahu. Karena yang membuat peta sesar dari Badan Geologi Kementerian ESDM,” bebernya.

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.