banner 468x60

Soal Bumdesma, Bupati Pati Haryanto : Yang Menggunakan Keuangan Ya Harus Tanggung Jawab

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id | PATI – Bupati Pati, Haryanto tidak mau mencampuri urusan Aparat Penegak Hukum (APH) yang melakukan penyelidikan perkara dugaan penyelewengan anggaran dana penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) yang nilainya Milyaran rupiah yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati.

Ditemui sejumlah wartawan usai mengikuti jalanya rapat paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Haryanto mengatakan kalau Pemerintah Daerah (Pemda) sudah memfasilitasi.

“Kalau masalah Bumdesma ini kan kita sudah membantu memfasilitasi, kemudian hasil audit dari Inspektoran kita padu padankan audit Independent,” Katanya, Selasa (19/7/2022)

Sejauh ini, Lanjut Haryanto, pihaknya tidak mau ikut campur dan mengintervensi APH yang melakukan penyelidikan, karena menurutnya, kewenangan Pemda hanya melakukan pembinaan.

“Yang ditangani APH ya biar ditangi APH, kewenangan kita (Pemda-red) hanya melakukan pembinaan, karena APH juga punya kewenangan dan saya tidak mau intervensi, dan sejauh ini saya belum pernah koordinasi dengan APH,” Ujarnya

Selaku Kepala Daerah, Haryanto berharap, ada pihak yang bertanggung jawab terkait pengelolaan anggaran dana penyertaan modal Bumdesma Milyaran rupiah yang selama ini tidak ada kejelasan dalam pengelolaanya.

“Bumdes itu tujuanya dulu baik, kalau misalnya dia menggunakan keuangan ya wajib mengembalikan, tapi kalau dipakai kegiatan operasional yang tidak laba, ya barang tentu mencari langkah-langkah bagaimana anggaran bisa mendapatkan keuntungan,” Tutur Haryanto

( suf/jp )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.