banner 468x60

SEORANG PEMUDA MENGINSPIRASI DESA GILIREJO BARU

141 views
banner 160x600
banner 468x60


Journalpolice.id-sragen_ Banyak ide yang masuk akal yang kami dengar dari bapak dua anak ini yang hanya lulusan SMK 2 Kacangan Andong Boyolali Tahun 1999 ini. Memang benar adanya pendidikan tinggi tidak menjamin orang berfikir kritis. Sebaliknya orang yang berpendidikan rendah justru menginspirasi orang, Mendengar cerita yang sangat lugas dari mas Sugiyanto,

Bagi Sugiyanto walaupun dilahirkan dari seorang petani dengan kondisi yang serba pas- pasan dan alam yang kurang mendukung namun semangat meraih cita-citanya patut didukung, Desa Gilirejo Baru yang tandus, dan yang mayoritas warga menanam jagung dan singkon, ternyata tidak menjadikannya semangad membangun desanya, sebaliknya sopan dan santun kepada masyarakat yang ia lakukan selama ini, Mas Sugiyanto yang sudah memiliki pengalaman didesanya selama dua kali menjabat sebagai KETUA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD)

Selain dari pada itu saya sebagai pemuda desa mengharapkan untuk tidak membawa-bawa tokoh politik dalam perhelatan tersebut, karena pilkades bukanlah pemilihan legislative, bukan pula pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden, yang melibatkan unsur partai politik sebagai pengusung.

Pilkades adalah murni pemilihan figur calon pemimpin desa yang melibatkan seluruh masyarakat desa, kepala desa merupakan pemimpin tertinggi dari pemerintah desa.

Sesuai dengan undang-undangnya, kepala desa memiliki masa jabatan 6 tahun, dan dapat diperpanjang lagi untuk 3 tahun kali masa jabatan berikutnya, baik secara berturut-turut ataupun tidak.

Kepala desa meskipun bukan pejabat Negara, tetaplah memiliki peran strategis dan menjadi primadona. Bagaimanapun juga kedudukan sebagai kepala desa sejauh ini masih menarik minat masyarakat.

Semangat membangun desa bukan hanya dilihat dari perbaikan jalan ataupun pengadaan sarana prasarana gedung, tetapi juga dilihat dari upaya mengembangkan potensi desa dari segi teknologi dan informasi. Selaras dengan program untuk mewujudkan desa yang mandiri dan berjejaring luas para pemuda juga harus terlibat didalamnya.

Seperti halnya Bung Karno sang plokamator menempatkan pemuda pada garda terdepan. Dengan sebuah kalimat yang pasti kita sudah pernah mendengar ataupun melihatnya.

“Dan berikanlah aku 10 pemuda , maka akan aku guncang dunia,” kata beliau kala itu.

Begitu banyak peranan pemuda dalam pembangunan desa. Selain dari tenaga dan energi yang masih segar, sumbangsih ide dan pemikran pemuda juga dianggap mampu menciptakan inovasi dalam membangun desa.

Memperkuat unsur pendanaan organisasi. Pendanaan organisasi adalah ruh yang menggerakkan roda organisasi disamping semangat bersatu dan membangun desa, pendanaan bisa diperoleh dari iuran anggota atau sumbangan dari pihak – pihak yang independen tanpa unsur yang justru akan merugikan organisasi, sumbangan bisa dari perseorangan maupun institusi, organisasi juga bisa bermitra dengan lembaga – lembaga donatur sosial baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk langkah awal pendanaan bisa diperoleh dari iuran anggota dan sumbangan para pemuda atau masyrakat desa lain yang telah berhasil secara ekonomi. Banyak desa yang masyarakat dan pemudanya merantau kelain daerah dengan pendekatan yang baik dipastikan mereka mau membantu jalannya organisasi tersebut bisa dikata sama – sama pemuda dalam desa yang sama yang tinggal didesa menggerakkan organisasi untuk kemajuan desanya dan yang berada di lain daerah membantu secara finansial sehingga semua pemuda bisa membangun desanya.(war)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.