banner 468x60

Sekilas Tentang Sekda Pati, Jumani. Salah Satu Kandidat Kuat Menduduki Pj Bupati Pati

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id | PATI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten pati, Jumani adalah pria kelahiran tahun 1970 dan merupakan tiga berasudara asal Desa Sidomulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Jumani adalah salah satu sosok yang digadang-gadang dan dianggap kuat untuk menduduki kursi nomor satu dikabupaten Pati menggantikan jabatan sementara (Pj) Bupati Pati, hal itu lantaran Jumani dianggap lebih tau birokrasi dan pemerintahan.

Sejak kelas 1 SD, Jumani ditinggal pergi ibunya untuk selama lamanya dan dibesarkan oleh sang ayah yang merupakan perangkat desa Sidomulyo, namun Jumani tidak patus asa untuk menggapai mimpi dan cita-citanya.

Sebelum dilantik menjabat Sekda Kabupaten Pati pada Oktober 2021 lalu, jabatan terakhir Jumani adalah Kepala Inspektorat Daerah, dan Jumani mengabdikan dirinya di Pemerintahan sejak 1990.

Berdasarkan catatan Journalpolice.id, Jumani pernah mengenyam pendidikan di SMA N 1 angakatan 1989 dan lulus STPDN tahun 1992, pernah menjabat sebagai Perwira Pembantu Korem Garuda Dempo Palembang (1993). Kemudian Plt Danramil Tanjungraja Kabupaten Ogan Kemering Ilir, Sumatera Selatan (1994)Pada 1995, pernah bertugas sebagai Plt Perwira Seksi Sospol Kodim Ogan Komering ilir (OKI).

Selain itu, alumni Universitas Stikubank jurusan Manajemen SDM (2012) ini, pernah pula menjadi Pj Lurah Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta,1995 sampai 1997, lalu sebagai Kasubbag TU Pimpinan dan Keuangan Setda Surakarta (2004).

Setelah itu, Jumani mengawali karier di Kabupaten Pati sebagai Kasubbid Pengembangan Karier BKD hingga Februari 2009. Selanjutnya, dia berpindah-pindah jabatan dan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Pati. Termasuk di antaranya, sebagai kepala BKD, dan kemudian kepala Inspektur Daerah.

Selain kenyang di dunia pemerintahan, Jumani juga aktif dibeberapa organisasi seperti, Ketua Askab PSSI Pati, Ketua Alumni Pendidikan Kepamong Prajaan (IKAPTK) Pati dan sejumlah organisasi lainya.

Saat ini nama Jumani semakin santer diperbincangkan untuk bisa menduduki jabatan sebagai Pj Bupati Pati, sebab selain memiliki pengalaman birokrasi dan pemerintahan, hingga jaringanya diwilayah Kementerian, Jumani merupakan putra asli daerah Pati dianggap paham ruang lingkup pemerintahan kabupaten Pati, apalagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

( suf/jp )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.