banner 468x60

Puan Maharani :Resmikan Objek Wisata New Kemukus Hanya Pesan Minta Jaga Toilet Harus Bersih

banner 160x600
banner 468x60


Foto exlusif di sendang sakral ontrowulan new kemukus

Journalpolice.id | SRAGEN — Objek Wisata New Kemukus yang menepati lahan seluas 4 hektare di wilayah Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, diresmikan Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (27/4/2022). Peresmian objek wisata religi dan keluarga yang menelan Rp48,45 miliar itu dilaksanakan dengan penandatangan prasasti dan pembunyian sirine.

Hadir dalam acara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR), M. Basuki Hadimuljono dan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Camat Sumberlawang Endang Widiastuti.

Kedatangan rombongan Puan Maharani disambut para pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sragen di promenade New Kemukus. Tepatnya di bawah menara yang berbentuk sangkar burung. Puan datang dengan menumpang mobil Toyota Alphard hitam berpelat RI 6.


Di belakang Puan ada Srikandi Soloraya, yakni Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani, ditambah Camat termuda Endang Widiastuti.

Di Kemukus, Puan mendapat penjelasan dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, tentang hasil penataan kawasan yang dikenal dengan nama Gunung Kemukus itu. Diana menjelaskan pembangunan New Kemukus dimulai September 2020 dan selesai pada Desember 2021.

Ada delapan pekerjaan dalam penataan kawasan dan revitalisasi Gunung Kemukus itu, di antaranya pembangunan Gerbang Barong, ruang terbuka hijau publik (RTHP) Sumberlawang, Plaza penerimaan, dan RTHP Sendang Ontrowulan. Kemudian revitaliasi Makam Pangeran Samudro, pembangunan jalan lingkungan, promenade, klinik kesehatan, serta balai budaya.

Penjelasan Diana itu dilakukan sambil berjalan menelusuri promenade menikmati keindahan Waduk Kedung Ombo (WKO). Penataan kawasan New Kemukus ini, ujar dia, untuk mengembalikan citra positif Gunung Kemukus dan memperluas diversifikasi daya tarik wisata. Diana menyebut New Kemukus tidak sekadar wisata religi, tetapi juga menjelma menjadi destinasi wisata keluarga yang cantik dan ramah anak.

Puan cukup menikmati kunjungan di New Kemukus. Ketua DPR itu meresmikan New Kemukus dengan menekan tombol sirine dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Ia juga menyerahkan secara simbolis lima unit gerobak untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Toilet Jadi Perhatian
Ia kemudian berdialog dengan perwakilan UMKM supaya bantuan gerobak itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Puan juga mengecek pelaksanaan vaksinasi booster yang dihelat Dinas Kesehatan Sragen di RTHP Sendang Ontrowulan.

“Pengunjung New Kemukus ini ditarget bisa sampai 15.000 orang pada momentum libur Lebaran. [Dengan panjangnya promenade itu], saya pesan kepada Ibu Bupati supaya toilet menjadi perhatian. [Fasilitas] toilet itu di mana? Jangan sampai tempat bagus tetapi pengunjung pergi mencari toilet saja susah,” ujar Puan dalam sambutannya.

“Kadang-kadang kalau ada toilet pun sedikit dan jorok. Dengan kondisi itu biasanya wisatawan tidak tertarik lagi datang. Hal ini harus menjadi perhatian Kabupaten Sragen,” imbuh putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut.

Puan menerangkan setiap daerah punya ikon wisata. Di Magelang ada Borobudur. Di Klaten ada Candi Prambanan. “Semua tempat itu menjadi ikon. Saya berharap ke depan, orang kalau ke Sragen itu ya perginya ke Gunung Kemukus. Ini mengubah citra Gunung Kemukus menjadi lebih baik. Semoga membawa berkah dan faedah bagi Sragen,” jelas Ketua DPP PDIP itu.

Puan juga berpesan kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sragen. Dia meminta petugas kebersihan Toilet agar pengunjung betah.(Ayatullah M.Al)

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.