banner 468x60

Polwan Sebagai Kapolda

37 views
banner 160x600
banner 468x60

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai petinggi Polri masih mempunyai keinginan besar yakni menjadikan polisi wanita (Polwan) sebagai salah satu yang menduduki jabatan kepala polisi daerah (kapolda).

“Bhayangkari ini yang sangat prihatin dengan kondisi Polwan. Karena Polwan ini baru menduduki kurang lebih 20 persen dari jumlah anggota Polri. Kemudian, seperti second class citizen atau warga negara kelas dua,” kata Tito.

Namun, dengan kemajuan Polri dibawah kepemimpinannya saat ini sudah ada polwan yang menduduki jabatan perwira tinggi meski belum ada yang menjabat sebagai kapolda. Untuk itu, Tito berkeinginan untuk menjadikan polwan sebagai salah satu pemimpin setingkat polda.

“Kemarin ada yang jadi perwira tinggi polwan, tapi belum ada yang kapolda. Satu-satunya keinginan kami adalah menjadikan polwan sebagai kapolda,” tuturnya.

Belum ada polwan yang menduduki jabatan utama di polda kemungkinan masih belum adanya kepercayaan kepada mereka bisa mengemban tugas sebagai pemimpin karena dianggap lemah untuk bisa menangkap penjahat atau sebagainya.

“Padahal, di luar negeri sama, polwan memiliki stamina yang baik. Untuk membuktikan secara fisik tak kalah dengan pria,” ujar Tito.

Meski belum disebutkan jumlahnya, saat ini beberapa polwan sudah berada di Papua untuk menaklukkan Puncak Jaya Wijaya menancapkan bendera Merah Putih sebagai bukti polwan bukan sosok yang lemah.

“Disana yang puncak ada gunung es di daerah tropis. Sekarang polwan sudah hampir 10 hari disana aklimitsasi, mereka sudah siap berjuang. Sabtu pelepasan, Minggu depan mereka sudah naik dan menancapkan bendera Merah Putih Tribata di atas cartens. Sebagai peringatan 17 Agustus, kami tunjukkan polwan tak lemah, polwan seperti laki-laki,” pungkasnya.

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.