banner 468x60

Polda Kalteng Turunkan 715 Personel Dalam Operasi Lilin Telabang 2017

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id

Palangka Raya Kalimantan Tengah – Menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018, Polda Kalteng menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2017 dengan menyiapkan 715 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub dan beberapa instansi terkait.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Brigjen Pol Drs. Anang Revandoko. Turut hadir dalam acara ini Danrem 102 PJG Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika dan beberapa kepala instansi terkait. Hal ini menunjukkan kekompakan antara Polri/TNI dan stekeholders yang lain dalam kesiapan apel gelar pasukan sekaligus pengecekan kesiapan pasukan dalam rangka operasi lilin Telabang 2017 di halaman Mapolda Kalteng, Kamis (21/12/2017) pukul 07.00 WIB.

Pada kesempatan ini Kapolda Kalteng membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, apel ini merupakan pengecekan akhir kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolda juga menyampaikan penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dilaksanakan, agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi teror, melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat dan memaksimalkan satgas pangan di masing-masing daerah serta memperkuat sinergitas polisional dengan seluruh stekeholders, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Operasi lilin akan dilaksanakan selama 10 hari, terhitung mulai tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2018, kegiatan ini mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelejen dan penegakkan hukum dengan mengedepankan satuan tugas, guna mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Tema operasi tahun ini, “Melalui apel gelar pasukan operasi Lilin Telabang 2017, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018”.

Operasi ini juga melibatkan 170.304 personel yang terdiri atas 90,057 personel Polri, 20.070 personel TNI dan 60,177 personel dari instansi terkait beserta komponen masyarakat Iainnya. Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan, serta fasilitas transportasi yang akan digunakam seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandaraDi seluruh tempat-tempat tersebut telah dibangun 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan, yang tergelar dl seluruh wilayah Indonesiat dan tolok ukur keberhasilan Operasi Lilin 2017 ini ditandai dengan diwujudkannya kamseltibcar lantas menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok, serta tertanggulanginya dampak bencana alam-Oleh karena ituv beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas adalah sebagai berikut:Petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah, dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.

Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya.

 

Kontributor KALTENG : Marlianti

Editor : gendut jp

Email Autoresponder indonesia
Tag:
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.