banner 468x60

Peringati  Hari Menanam : BP DAS KAHAYAN GRATISKAN 1 JUTA BIBIT POHON

banner 160x600
banner 468x60

 

Journalpolice. id

Palangka Raya, Kalimantan Tengah – Untuk menyukseskan program Pemerintah dibidang kelestarian hutan dan lingkungan, Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Kahayan sediakan sedikitnya 1 juta bibit pohon gratis.

Kepada awak media usai memperingati hari menanam nasional, Kamis (14/12) di halaman SMAN NEGERI 3 Palangka Raya Kepala BP DAS Kahayan Supriyanto S mengungkapkan sebagian besar bibit yang disediakan merupakan bibit pohon sengon, dan bibit buah-buahan dan lainnya.

Dijelaskan, masyarakat yang memerlukan bibit pohon atau buah bisa mengajukan permohonan kepada pihaknya melalui kelompok tani. Namun biaya angkutnya ditanggung sendiri pemohon.

Dipaparkan selama beberapa tahun lalu BP DAS Kahayan hanya menyedikan bibit pohon kehutanan, tetapi mulai sekarang juga menyediakan bibit pohon menghasilkan buah bagi masyarakat.

Pasalnya lahan yang menjadi sasaran penanaman dan penghijauan bukan hanya kawasan hutan, tetapi juga meliputi kawasan non hutan untuk penghijauan. Bibit pohon buah yang disediakan juga mempunyai sertifikasi.

Hari menanam juga melibatkan anak-anak sekolah, dan generasi muda umumnya karena itu Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan BP DAS Kahayan menggandeng SLTA untuk menanam.

Sementara itu sebelumnya Asisten III Sekda Kalteng I Ketut Widhi Wiryawan selaku inspektur apel hari menanam mennegaskan agar tutupan lahan cepat tercapai, setiap orang diwajibkan menanam 25 pohon selama hidupnya.

Rinciannya saat masuk Sekolah Dasar wajib menanam 5 pohon, SLTP 5 bibit pohon,  SLTA 5 pohon,  masuk perguruan tinggi 5 pohon,  dan saat menikah 5 pohon.

Usai apel  Asisten III mewakili Gubernur Kalteng didaulat melaksanakan penanaman pohon ulin yang merupakan pohon khas.Kalimantan terancam kepunahannya karena terus di eploitasi.

Kontributor KalTengah: ANTY

editor : gendut jp

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.