banner 468x60

Pentingnya Peran pemuda Dalam Menangkal Bahaya Radikalisme

444 views
banner 160x600
banner 468x60

PALANGKARAYA, – Seminar nasional yang diprakarsai oleh Polda Kalteng yang digelar di IAIN Palangka Raya tentang peran pemuda untuk menangkal bahaya radikalisme di Indonesia. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Kamis (03/08).

Dimana dalam Sambutannya Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan paham radikalisme merupakan masalah serius yang sedang dihadapi oleh dunia tidak terkecuali Indonesia. Isu radikalisme dan terorisme seringkali dikaitkan dengan umat muslim. Padahal tuduhan tersebut tidak benar sama sekali.

Dikatakan, Ajaran agama sesungguhnya memberikan ajaran yang penuh dengan kedamaian dan kasih sayang dan sangat jauh dari tindakan kekerasan bahkan hingga membunuh orang yang tidak berdosa.

Dijelaskan, seperti halnya yang diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat sidang interpol ke-85 di Bali yang mengatakan bahwa penyebaran paham terorisme, ekstrimisme, dan radikalisme saat ini berlangsung cepat. Penyebaran paham tersebut dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta akses Internet.

Penggunaan Internet oleh teroris dimanfaatkan untuk berkomunikasi di antara mereka. Menurut Bapak Wakil presiden akses Internet juga digunakan sebagai sarana belajar membuat Bom dengan target-target tertentu. Untuk itu perlu upaya secara dini terutama bagi pemuda agar dapat membentengi diri dari akibat negatif kemajuan teknologi tersebut.

lebih lanjut dikatakan, melihat perkembangan yang terjadi seharusnya sebagai generasi muda yang saat ini menjadi incaran melakukan propaganda dan perekrutan harus berhati – hati dalam menerima segala sesuatu. Jangan mudah mempercayai suatu isu maupun informasi yang didapatkan dari sumber-sumber yang tidak terkonfirmasi dengan baik.

Jangan mudah mempercayai orang yang tidak dikenal apalagi sudah berbicara mengarah kepada kekerasan, dan melakukan pengrusakan dan sebagainya.

Sementara itu kegiatan tersebut selain Dihadiri gubernur, wagub dan kapolda, juga dihadiri oleh wakapolda, kapolres jajaran, Rektor universitas di Palangka Raya. Narasumber: wakadensus 88 AT Brigjen Pol Drs Edy Hartono, Ka BIN diwakili Drs Wawan Purwanto, Dosen Uinsa Surabaya Prof Akh. Muzakki, M,Ag., DIP., SEA., M.Phil., Phd., Mantan Sofyan Tsauri.(Nty)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.