banner 468x60

PBH Lidik Krimsus RI Desak APH Usut Tuntas Penimbunan dan Pengolahan Limbah B3 di Pati yang di Duga Tak Kantongi Izin

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id | Pati – Desa Jambean Kidul, kecamatan Margorejo, kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi tempat penimbunan dan pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) berbahaya yang diduga tak kantongi izin dan diduga limbah tersebut dari salah satu pabrik ternama di Kota Jepara dan Pati.

Dari pantauan dan data yang dihimpun media sejumlah media dan Lembaga dilapangan, limbah B3 terlihat berserakan disalah satu gudang milik saudara berinisial “L”, di Desa Jambean Kidul, limbah dari berbagai jenis hasil sisa produksi terdiri dari jenis plastik, kain serta cairan kental seperti lem yang baunya sangat menyengat hidung.

Pemilik gudang dan pengolahan limbah B3 berinisial “L” ketika ditemui sejumlah wartawan beberapa waktu lalu mengakui kalau limbah tersebut di dapat dari pabrik PT. Parkland Word Indonesia (PWI) Jepara dan PT. Sejin Fashion Indonesia.

“Limbah tersebut saya dapatkan dari PT. Parkland Word Indonesia (PWI) Jepara sekitar setahun yang lalu, sedangkan limbah dari PT. Sejin Fashion Indonesia yang ada di Pati saya dapatkan sekitar sebulan yang lalu.” Ungkap “L” beberapa waktu lalu

Terkait permasalahan limbah tersebut, kakak kandung dari “L” berinisial “M” merasa tidak terima jika adiknya hanya dilibatkan dan dijadikan tumbal, sebab tanpa Izin dari PT tersebut tidak mingkin adiknya akan mendapatkan limbah.

” Saya tidak terima kalau adik saya dilibatkan sendiri dan dijadikan tumbal, sebab kalau pihak PT tidak memberi izin, adik saya tifak mendapatkan limbah tersebut.” Ujar “M” kakak dari “L”

Dijelaskan “M”, limbah dari PT. Sejin Fashion Indonesia di dapatkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) milik Desa Bumirejo, kecamatan Margorejo, kabupaten Pati.

” Limbah dari PT. Sejin Fashion Indonesia di dapat melalui kerjasama dengan BUMDES Desa Bumirejo.” Jelas “M”

Terpisah, Ketua BUMDES Desa Bumirejo, Dika mengakui kalau pihaknya terlibat langsung dengan PT. Sejin Fashion Indonesia dan saudara “L” terkait pengadaan limbah B3 sebagai fasilitator.

” Limbah yang ditampung dan dikelola saudara “L” di dapat dari PT. Sejin Fashion Indonesia melalui BUMDES Bumirejo, Kita sebagai fasilitator.” Jelas Dika beberapa waktu lalu.

Terkait permasalah penimbunan, pengolahan dan pemusnahan limbah B3 yang tak kantongi izin, Ketua Pbh Lidik Krimsus ri DPK Pati, Slamet Widodo angkat bicara, menurutnya pihak Pabrik, BUMDES dan pengelola limbah diduga telah melanggar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.4 Tahun 2021.

“Lidik Krimsus meminta kepada APH untuk usut penimbun, pengolahan dan pemusnahan limbah B3 yang tak kantongi izin sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PerMenLHK) No.4 Tahun 2021.” Pungkasnya

( suf/jp )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.