Pasar Bitcoin di Negara Ini Paling Berpengaruh di dunia

Pasar Bitcoin di Negara Ini Paling Berpengaruh di Dunia

JOURNALPOLICE.ID – Harga mata uang virtual atau bitcoin sudah mendekati Rp 135 juta per keping. Harga tersebut terus mengalami peningkatan sejak awal tahun.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan menyatakan, pasar bitcoin di Jepang berpengaruh cukup besar di dunia. Indonesia pun mengikuti Jepang.

“Market di Jepang itu jauh lebih berpengaruh dari pada market di Indonesia,” kata Oscar saat dihubungi, Selasa (28/11/2017).

Hal itu karena, otoritas keuangan Jepang telah melegalkan bitcoin sebagai mata uang resmi di negeri sakura tersebut. “Jadi harga di Indonesia cenderung mengikuti yang di Jepang saja,” imbuh dia.

Dia menyebutkan, di Indonesia yang terdaftar menggunakan sistem bitcoin.co.id sudah sekitar 500.000 member, namun tidak seluruhnya aktif.

Mengutip CNBC Jepang pada April 2017 mulai menerima Bitcoin sebagai mata uang legal. Lalu raksasa ritel elektronik, Bic Camera menerima pembayaran menggunakan Bitcoin satu minggu setelah cryptocurrency itu disahkan.

Perdagangan Bitcoin menggunakan yen Jepang adalah yang paling likuid kedua setelah dolar Amerika Serikat (AS). Hal itu disebutkan oleh sebuah platform perdagangan cryptocurrency Gatecoin.

“Tindakan melegalkan mata uang Virtual di Jepang berpotensi memiliki dampak besar, karena memang sudah terjadi banyak desas-desus mengenai pengesahan Bitcoin ini,” kata Founder dan CEO Gatecoin Aurélien Menant seperti dikutip dari CNBC.

Editor = Eka awi
Sumber = dtk
Kontributor= tim jp