banner 468x60

Partai Garuda Baru di Boyolali

343 views
banner 160x600
banner 468x60

Editor : Eka Awi
JOURNALPOLICE.ID , Boyolali – Pendaftaran Partai Politik (Parpol) ke KPU sudah dibuka sejak 3 Oktober 2017 lalu. Di Kabupaten Boyolali ada partai baru yakni Partai Garuda, namun belum mendaftar di KPUD.

“Di Sitpol (Sistem Informasi Partai Politik) yang ada di KPU RI, di Boyolali ada partai baru namanya Partai Garuda,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono di kantor, Senin (9/10/2017).

Namun lanjut dia, untuk kepengurusan dan lokasi kantor dan sebagainya, pihak KPUD belum mengetahui dengan pasti.

“Kami belum tahu dimana, karena pengurus partai juga belum datang ke KPU sehingga kami belum bisa menindaklanjuti,” ungkapnya.

Dia mengatakan untuk mendaftarkan di KPUD, parpol harus menyertakan bukti dukungan berupa salinan kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektornik minimal sebanyak 989 lembar.

“Sampai hari ini baru satu partai politik yang mendaftar, yaitu Partai Perindo,” katanya.

Menurut dia, di Boyolali selain 12 partai lama peserta Pemilu 2014, juga terdapat dua partai baru Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dia menjelaskan parpol yang mendaftar ke KPU Boyolali selain menyerahkan kelengkapan berkas administraif, juga harus menyertakan jumlah dukungan minimal yang dibuktikan dengan menyerahkan salinan kartu tanda anggota (KTA) parpol dan KTP elektronik.

“Syarat tersebut merupakan salah satu syarat utama dalam proses verifikasi nanti,” katanya.

Jumlah dukungan itu minimal seper seribu dari jumlah penduduk. Untuk Boyolali harus menyerahkan 989 lembar salinan kartu tanda anggota dan KTP elektronik. “Itu jumlah minimal, jadi bisa lebih,” terangnya.

Dia menjelaskan pendaftaran Parpol ke KPU akan berlangsung hingga 16 Oktober 2017 mendatang.

Setelah pendaftaran Parpol, tahapan berikutnya KPU akan melakukan penelitian berkas administrasi mengenai kelengkapan yang diserahkan.

“Untuk hari ini hanya satu parpol yang mendaftar. Untuk hari-hari berikutnya kami masih menunggu, ada parpol yang akan datang tanggal 10, tanggal 12 juga ada. Yang jelas batasannya tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00,” pungasknya.

Sumber : tim jp
Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.