banner 468x60

Obyek Wisata Religi Makam Pangeran Samudera Gunung Kemukus di Pendem Sumberlawang, Sragen kembali akan menggelar ritual larap slambu

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id_Sragen- Ritual digelar pada hari ini tanggal 1 Syura yang jatuh pada hari Minggu (1/9/2019) pagi, melibatkan seluruh warga pendem dan sekitarnya termasuk pegiat kebudayaan, tamu-tamu berdatangan dari penjuru wilayah untuk mendatangi kirab larap slambu, dan memanfaatkan nglarap berkah air yang di cuci.

Penanggungjawab Obyek (PJO) Gunung Kemukus, Marcellus Suparno mengatkan ritual larap slambu akan dimulai pukul 09.00 WIB. Ritual rutin tahunan itu juga akan dimeriahkan dengan hiburan seni karawitan dan tayuban pada malam harinya.

Mulainya prosesi acara larap slambu Minggu (1/9/2019) pukul 09.00 WIB.” paparnya kepada beberapa awak media Jumat (30/8/2019)Pengunjung, di perkirakan antara 1000 sampai 1500 orang hari ini tadi.

Pihaknya tak mau muluk-muluk mengingat realitanya kondisi pengunjung saat ritual larap slambu beberapa tahun terakhir memang agak menurun dibanding ketika Gunung Kemukus beberapa tahun silam.

Malam Jumat Kliwon kemarin saja, sepi. Mungkin banyak yang sekalian nunggu larap slambu. Sekarang agak sepi. Beda dengan beberapa tahun dulu,” terangnya.

Salah satu calon kepala desa Suradi SH jika nanti di percaya akan meningkatkan tempat wisata religi kemukus menjadi PAD desa pendem bisa meningkat ungkapnya.

Untuk pengunjung dari luar kota, sudah mulai berdatangan Sabtu (31/8/2019) atau sehari sebelum ritual digelar pada hari lancar.(tim jp)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.