banner 468x60

Nyiwer Kendeng Perang Dengan Sampah

115 views
banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id

Pati-Puluhan pemuda yang tergabung dari Komunitas Pemuda Pemerhati Lingkungan (KPPL) Rabu (11/4), melakukan kegiatan lingkungan bersih sungai di Desa Pasuruhan Kecamatan Kayen. Kegiatan tersebut dilakukan seiring dengan acara “Nyiwer Kendeng” untuk mengeti Hari Kartini yang dilakukan okeh JMPPK mulai (10-13/4) di beberapa kabupaten, diantaranya Blora, Rembang, Grobogan, dan Pati.

Kondisi sungai di desa Pasuruhan kondisinya sangat meprihatinkan. Sampah plastik, bangkai unggas dan Enceng Gondok hampir memenuhi aliran sungai. Sampah-sampah tersebut kemudian dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) desa tersebut. TPA yang dibuat oleh desa dengan Dana Desa (DD) masih sangat kurang dari pemanfaatan masyarakat, malah masyarakat setempat lebih memikih membuang ke sungai.

Kegiatan yang dimulai pagi sampai sore ini hanya mampu mengangkut 5 truk sampah, meski KPPL yang paling banyak di dominasi Punk ini dan dibantu oleh santri Ponpes Mamba’ul Ulum desa Pasuruhan. Sedang sisa sampah yang dinaikkan di bibir sungai sepanjang 5 m, akan dibersihkan warga setempat.

” Sisa sampah biar nanti masyarakat yang membuang ke TPA. Dengan kegiatan ini kami banyak mengucapkan terimakasih dan semoga ini bisa menjadi contoh untuk warga kami untuk membuang sampah ditempat yang sudah kami sediakan” jelas Kepala Desa.

Mbah Kendeng yang jadi koordinator sangat memprihatinkan dengan kondisi ini.
“Kebersihan lingkungan ini sangat penting untuk kesehatan kita, jika melihat kondisi sungai seperti ini jelas menjadi penyebab banyaknya penyakit”.

Jalinan Kerjasama saling bahu-membahu tak memandang dari mana mereka ini sangat diperlukan untuk memberikan kepedulian terhadap lingkungan. Sebab jika bencana terjadi tak memandang Santri, Punk, ataupun para Politisi. Namun semua orang bisa terkena bencana tersebut. Tambah Ari Saputra Utama dari KPPL.

Kontributor Team jp Pati

Editor gendut jp

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.