banner 468x60

Lembaga dan Aktivis Desak APH Tertibkan Praktik Liar Tambang Galian C Ilegal

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.Id | Pati – Ketua Garuda Patriot Nusantara (GPN) yang juga menjabat sebagai Ketua PBH LidikKrimsus ri DPK Pati, Slamet Widodo dan sejumlah Aktivis kabupaten Pati desak Aparat Penegak Hukum (APH) Pemerintah Daerah untuk tertibkan tambang galian C yang tak memiliki izin resmi.

Bukan tanpa alasan, selain merusak lingkungan dan ekosistem, praktik liar tambang galian C yang tak berizin juga merugikan negara, sebab ada indikasi penggelapan pajak yang seharusnya masuk sebagai kas negara.

Disela kesibukanya, Ketua Pbh Lidik Krimsus ri DPK Pati dan Ketua PGN Pati saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan, selama ini Pemerintah Daerah dianggap telah melakukan pembiaran bagi pengelola tambang galian C yang tak mengantongi izin dan menyebabkan kerugian negara karena tidak bayar pajak.

” Ini permasalahan serius, tapi selama ini Pemda seakan tutup mata dan tutup telinga, selain menyebabkan kerusakan lingkungan juga merugikan negara karena tidak membayar pajak sebab pengelola tidak mengantongi izin resmi.” Ujar Slamet Widodo, Kamis (2/12/2021)

Slamet Widodo menilai, selama ini pengelola tambang galian C semakin merajalela dan secara terang terangan melakukan aktivitas ilegal karena ditengarai ada beckup dari APH.

” Bersama teman teman aktivis, kita akan bawa permasalahan ini ke Polda dan Gubernur Jateng, bahkan kalau tidak ada tindakan kita akan ke Mabes Polri.” Cetus Slamet Widodo.

Terpisah, Supriyanto salah satu Aktivis Pati menyayangkan maraknya praktik tambang galian C yang tidak mengantongi izin, tapi bebas beroperasi dan mengutuk keras atas kejadian beberapa waktu lalu yang menimpa salah satu wartawan media online yang mendapat intimidasi, penganiayaan dan perampasan id card saat investigasi dilokasi tambang galian C yang diduga ilegal.

” Apapun alasanya, kegiatan ilegal adalah melanggar hukum dan harus diproses hukum, apalagi ini kegiatan tambang ilegal telah menyebabkan kerusakan lingkungan dan ekosistem.” Cetus Supriyanto

( suf/jp )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.