banner 468x60

Kirab grebeg syuro desa ngadirojo boyolali

365 views
banner 160x600
banner 468x60

Editor : Eka Awi

JOURNALPOLICE.ID , Boyolali – Dalam Nguri uri budaya jawa dalam bulan syuro ini bagi pemerintah desa ngadirojo dan perangkat desa, mengelar tasyakuran tepat bulan syuro 10 muharam 1439 H.

Acara tersebut digelar pada tanggal 30-31 september 2017. Adapun peserta yang mengikuti,  dari kepala desa sekeluarga, perangkat desa sekeluarga, BPD, RT, tes, linmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh agama se desa, ngadirojo sekalian.Berbagai pakaian adat yang digunakan dalam kirab motif kejawen dan pakaian adat jawa tengah.

Dari pantauan tim JP dilapangan,Jenis gunungan yang di bawa ke kantor desa, ngadirojo yaitu Kadus 1 gunungan sayur dan polo kependem, kadus 2, gunungan ketan, alem dan pisang, kadus 3 gunungan nasi kuning nasi luhut dan rasulan kadus 4 hubungan buah-buahan sebagao pelengkap acara tersebut.

Oleh panitia acara susunan acara kirab gunungan yaitu terdiri dari penyerahan gunungan oleh masing masing kadus:
A. Kadus 1: Bp. Slamet Widodo
B. Kadus 2: Bp. P. Margono
C. Kadus 3: Bp. Wahyudi
D. Kadus 4: Bp.Gunadi

Salah satu pemerintah desa yang di temui oleh tim JP menuturkan,sebut saja hayoko sh, acara tersebut di gelar untuk memperingati hari muharam 1439 h.2017. Dengan tujuan mempersatukan persaudaraan baik dari tokoh masyrakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, pemuda sampai se desa ngadirojo, walaupun berbeda beda tapi satu tujuan.sekaligus melestarikan budaya.

Harapan dari semua kalangan Semoga dengan di gelarnya grebeg syuro ini, warga adem ayem tenteram, rukun agawe sentoso, gemah ripah loh jinawi bagi warga ngadirojo dan sekitarnya.

Yang tak kalah menariknya,acara tersebut juga di meriahkan oleh berbagai seni dan budaya se desa ngadirojo, yaitu dari Tari,reok, tari anguk modern dan seni drumblek se desa ngadirojo serta dipuncak acara wayang kulit semalam suntuk.

 

 

 

Sumber : Rohimin/tim JP

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.