banner 468x60

KERATON SOLO ADAKAN RITUAL ADAT LABUHAN PARANG KUSUMO

1318 views
banner 160x600
banner 468x60


JOURNALPOLICE.ID-JOGJA-Upacara Labuhan, Ritual Sakral untuk Peringati Tahta Raja SISSK PBXIII di Parang Kusumo adat turun tumurun ,dikarunia lengkap alam yang begitu indah dan banyak ragamnya, gunung, laut, dan hutan, semua ada.
Tak berhenti sampai di situ saja, keraton Surakarta hadiningrat pun sangat menjunjung tinggi adat istiadat Leluhur . 

Acara dipimpim Pengageng Parentah Keraton surakarta hadiningrat Drs.Dipokusumo.Msi paada Senen malem Selasa Kliwon , 01 Oktober 2018 dimulai tadi Jam 17.00wib , Keraton Surakarta Hadiningrat akan melangsungkan Hajad Labuhan Parang Kusumo,Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dalam rangka untuk memohon umur panjang bagi SISSK PBXIII, kecermelangan tahta Raja, dan kesejahteraan untuk rakyat Semua.

Setelah rangkaian acara Labuhan parang Kusumo Keraton Surakarta Hadiningrat akan menggelar upacara ditempat petilasan yang dianggap sakral. Tujuan melakukan ritual ini sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan keselamatan, kesejahteraan, dan juga keselarasan alam.

bahwa rangkaian acara Hajad Labuhan Parang Kusumo tersebut, ritual labuhan upacara yang dilestarikan oleh Keraton surakarta hadiningrat tiap tahunya.

Rombongan Kerabat keraton,Drs.KGPH.Dipo kusumo.Msi,Sentono dalem, serta Abdi dalem berdatangan sambil membawa sesaji dan berbagai perlengkapan ritual lengkap menjadi hal tak biasa karena bertepatan Senen malem selasa Kliwon ( anggoro kasih Ageng) jam 17.00wib tadi sore sampai selesai agar di berkahi dan di ridhoi alloh terang Krt.Citrodiningrat. (red.mjp/r.hidayat)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.