banner 468x60

Kekeringan di Wilayah Jati Blora

143 views
banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice , Blora – Tim JP melakukan klarifikasi dan terjun kelokasi.Memang betul daerah  jati mempunyai permasalahan dengan sumber air bersih,padahal musim kemarau bulan genap 4 bulan ini.

Bagi warga yang tidak mampu maka membeli air bersih dengan mobil satu tangki ,atau terpaksa ngangsu ke sungai ngasem tobo,itu pun harus ngantri dengan warga lain,sedangkan yang mau beli langsung didesa tobo/cerme,harus membayar Rp 500/jrigen.

Saat konfirmasi ke pemilik sumber air,biyono pihaknya mengakui dengan harga segitu Rp 500,/jrigen juga ndak banyak untung,kadang ada yang ndak bayar juga,kejadian ini tiap tahun berulang terus tapi pihak Pemda kabupaten blora belum mendapatkan ide cara mengatasi dan menanggulangi sulitnya air bersih diwilayah jati,saat ini warga kecamatan jati khususnya desa yang susah air bersih musim kemarau.

Tindakan saat ini Kantor BPBD /PAM kabupaten blora sudah saatnya mengedrop air bersih didesa doplang,gabusan,singget,pelem,randulawang,pengkol jagong,jeruk yang benar benar membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari hari,seharusnya hal ini menjadi PR pemda kabupaten Blora maupun Pemprow Jawa tengah.

Dari pengembangan yang dipantau tim journalpolice pula,bahwa diwilayah jati kebanyakan udah pada kering sumurnya,untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga ,masak,mandi,cuci ,sudah pada beli dari luar desa,untungnya ada satu desa yg masih mempunyai sumber air cukup ,detobo,merupakan satu satunya desa yang mempunyai sumber air yang bisa menyuplai kebutuhan air bersih diwilayah jati,harga satu ret air bersih 3000/4000 ltr, ke dukuh klatak saat ini dgn harga Rp 70.000,sedangkan kalau kedoplang,Rp 75.000,dan keluar desa doplang bisa mencapai Rp 85.000/95.000,kala pakai tangki air isi 6000/7000ltr,dibandol harga Rp.130.000/150.000.

Saat tim Journalpolice klarifikasi dan menemui kepala desa Tobo Edi supoyo menerangkan dan membenarkan akan kendala diwilayahnya.saat ini beliau beserta perangkat yang terkait sedang upaya solusi untuk wilayahnya.upaya dan solusi segera diajukan kepemerintah pusat.

Selanjutnya hasil wawancara dimasyarakat,dari warga berharap pemda kabupaten blora dan pemprow jawa tengah segera menanggulangi dan drop bantuan air bersih untuk warga masyarakat didesa yang kesulitan air bersih.sehingga kendala dan keresahan diwilayah jati segera teratasi.

 

Sumber – Dwi JP

Editor – Awi JP

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.