banner 468x60

Kapolres Sragen Kerahkan 500 Personel Pengamanan, Adakan Patroli Skala Besar atasi kerawanan pilkades serentak

banner 160x600
banner 468x60

POLRES SRAGEN – Mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di kabupaten Sragen, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama bakal mengerahkan sebanyak 500 personel, yang tersiaga dari stanby Mapolres, Kawedanan hingga di tiap desa saat pencoblosan atau pemungutan suara pada 25 Oktober 2022.

Dikatakan Kapolres usai melaksanakan apel gelar pasukan pagi ini, bahwa ploting personel tersebut akan ia bagi menjadi 2 kategori, yakni kategori aman dan kategori rawan.

Dalam keterangannya didampingi Dandim 0725 Sragen, Kapolres mengatakan akan menyiagakan sebanyak 500 personel, yang terbagi menjadi 2 kategori aman dan rawan, serta personel siaga atau menjadi powerhand yang akan bersiaga baik di Mapolres, Kawedanan ataupun di tiap TPS sebagai pasukan penebalan.

‘ sekitar 500 orang personel diantaranya Linmas, Satpol PP, Polri dan TNI akan diploting di desa-desa, dengan kategori aman dan kategori rawan. Yang aman 2 personel Polisi, 1 personel TNI dan 1 personel Linmas, sedangkan pada kategori rawan, akan dikerahkan 4 personel Polisi, 1 personel TNI dan 2 personel Linmas, “ terang AKBP Piter.

“ Kemudian kita juga akan menyiagakan persnel sebagai powerhand, yang berstand by di Mapolres, di Makodim, di tiap kawedananan, ataupun di tiap TPS, sebagai pasukan penebalan. Pasukan ini sebagai penebalan bila mana terjadi eskalasi situasi meningkat atau memanas di TPS, maka situasi keamanan akan cepat ditangani “ tandasnya.

Untuk mengantisipasi munculnya kerawanan, khususnya di daerah berpotensi rawan, Kapolres bakal melakukan patroli skala besar secara gabungan, dimulai dari malam ini, Senin (24/10/2022).

Patroli bakal mengecek langsung lokasi Pilkades berpotensi rawan. Sejumlah 6 Desa dikatakan Kapolres bakal menjadi target Kapolres bersama jajaran Forkopimda diantaranya Desa Gabugan, Desa Sidokerto, Desa Pilang, Desa Banyurip dan desa Plumbon Sambungmacan.

Kegiatan tersebut, dalam rangka mengantisipasi munculnya kelompok tertentu, yang bakal menjadi ancaman bagi kondusifitas jalannya Pilkades.

Sementara itu, seperti dikatakan Bupati Sragen Dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati secara terpisah, dalam imbauannya, Dr Yuni mengatakan agar para kandidat kepala desa, para pendukung, tim sukses agar tetap menjaga kondusifitas Sragen, meski beda pilihan.

“ Beda pilihan itu hal yang wajar , kalau kita sudah bisa berkali kali proses pilihan tentunya Pilkades ini hanya sebagian kecil dari proses demokrasi yang sudah dilaksanakan di Indonesia, dan khususnya di kabupaten Sragen. Bagi kelompok-kelompok  tertentu mohon untuk bisa menahan diri, kalau tidak kita akan tindak tegas, “  ungkap mengakhiri.

(Humas / Vio Sari )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.