banner 468x60

Investasi Jangan Biarkan Jadi Bom Waktu di Proyek Anda

60 views
banner 160x600
banner 468x60

Perubahan yang disebabkan oleh risiko yang tidak diperkirakan (unexpected risk), laporan-laporan yang tidak akurat dan tidak mencerminkan risiko, terjadinya kejadian risiko akibat lemahnya komunikasi dan koordinasi merupakan faktor-faktor utama yang menyebabkan tidak tercapainya sasaran bahwa kegagalan dari suatu proyek.

Bukan kawan, kita tidak sedang ngobrol perihal manajamen proyek, tapi lebih spesifik tentang manajemen risiko proyek (project risk management). Hal ini sangat penting bagi perusahaan, pebisnis, bahkan siapapun yang berhadapan dengan target mencapai sasaran suatu kegiatan yang dikategorikan sebagai suatu proyek.
.
Tanpa manajemen risiko proyek, suatu proyek akan sangat vulnerable terhadap potensi kejadian-kejadian risiko yang bisa terjadi kapan saja. Cobalah Anda ingat proyek-proyek besar yang mengalami kenaikan biaya, terlambat penyelesainnya, bahkan yang akhirnya terhenti. Ingat Lumpur Lapindo dan British Petroleum baru baru ini ?

Singkatnya, proyek adalah aktivitas atau program perusahaan yang bersifat sementara yang memiliki tahap awal dan tahap akhir untuk menciptakan suatu produk atau jasa atau hasil-hasil tertentu. Sasaran proyek secara baku biasanya meliputi, waktu (time), biaya (cost), lingkup (scope) dan kualitas (qualitiy) proyek. Misalkan dalam proyek membangun rumah pribadi, total biaya, lamanya waktu, lingkup pekerjaan dan kualitas hasil dari proyek tersebut tentu memiliki target tertentu.

Lantas mengapa jargon manajemen risiko merupakah hal yang sangat penting ? Karena Pada setiap proyek selalu terdapat potensi kejadian risiko (risk event). Paling tidak selalu terdapat suatu tingkat ketidakpastian tertentu terhadap hasil-hasil yang ingin dicapai pada suatu proyek.

Proyek yang sukses dilaksanakan, pada dasarnya bertumpu pada para manajer proyek yang menyadari bahwa dalam setiap aspek tertentu dari suatu proyek baru, merupakan sebagian pekerjaan yang telah dilakukan pada proyek sebelumnya. Dan dengan dokumentasi yang baik, kejadian-kejadian risiko yang teridentifikasi pada proyek yang telah dilaksanakan, bisa menjadi roap map untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi kejadian risiko yang sama pada proyek-proyek baru. Selian itu Para manajer proyek yang sukses juga menggunakan perencaanan yang matang, dan selalu melakukan pemantauan terhadap risiko-risiko yang dihadapinya.

Good practices come from experience. Experience, unfortunately, generally comes from unsuccessful practices and mistakes. People learn what not to do, all too often, by doing it and then suffering the consequences. Experience can be an invaluable resource, even when it is not your own. Pendek kata, Manajemen Risiko Proyek merupakan proses sistematis untuk mengelola risiko-risiko yang dihadapi proyek dan dilakukan secara berkesinambungan selama proyek berlangsung. Manajemen Risiko Proyek sendiri merupakan salah satu bagian dari Manajemen Proyek.

Nah, berikut tips bagi Anda, perihal bagaimana mengaplikasi manajemen risiko dalam proyek-proyek yang Anda atau Perusahaan Anda tangani.

Pertama, Segera pastikan bahwa manajemen risiko merupakan bagian dari proyek Anda. Buat rencana manajemen risiko (risk management plan) yang aplikatif dan akomodatif sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Manajamen risiko bagi proyek Anda tidak ujug-ujug muncul, namun harus direncanakan dengan matang dan dilaksanakan dengan disiplin.

Dua, Lakukan segera lakukan identifikasi kejadian-kejadian risiko yang bisa mempengaruhi pencapaian sasaran proyek Anda. Anda bisa mengkategorikan risiko menggunakan berdasarkan kategori risiko HSE (Healt Safety Environment), Teknikal, Eksternal, Organisasi dan Manajemen Proyek.

Hal ini membutuhkan keterbukaan dan berfokus pada skenario masa depan yang bisa saja terjadi. Dua sumber utama untuk mengidentifikasi risiko adalah kertas dan orang. Anggota tim proyek yang memiliki. pengalaman dan keahliaan yang beragam, harus didorong ***sumber2 lainya di gogle

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.