Imam Besar Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thayeb, berkunjung ke Istana Merdeka

Journalpolice.id

Jakarta -Imam Besar Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thayeb, berkunjung ke Istana Merdeka, kemarin dan berbincang dengan saya di beranda belakang istana. Beliau datang ke Indonesia untuk menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Muslim Dunia yang dimulai hari ini di Bogor.

KTT ini digelar untuk membahas tentang Wasatiyyat Islam. Apa itu Wasatiyyat Islam?

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban Din Syamsuddin yang menggagas KTT ini menjelaskan, Wasatiyyat Islam memiliki arti jalan tengah Islam. “Intinya, wawasan keislaman yang menegakkan keseimbangan, penuh dengan toleransi, mengambil jalan tengah, cenderung untuk menyelesaikan masalah dengan kompromi dengan musyawarah, tidak main ‘pokoknya’, apalagi mengkafirkan pihak lain,” kata Din Syamsuddin.

KTT Bogor tentang Wasatiyyat Islam ini akan dihadiri oleh sekitar 100 tokoh ulama dan cendikiawan muslim, 50 tokoh dari luar negeri dan 50 tokoh dari dalam negeri. Tokoh-tokoh muslim ini akan membahas konsepsi Wasatiyyat Islam dan bagaimana implementasinya dalam peradaban global dewasa ini. Kita juga ingin menampilkan bahwa Wasatiyyat Islam sudah menjadi bagian dari kehidupan umat Islam Indonesia.

Foto: Biro Pers Setpres

Team journalpolice