banner 468x60

DUGAAN PUNGLI PROGRAM PTSL DESA MOJO, CLUWAK, PATI

361 views
banner 160x600
banner 468x60


Program PTSL Desa Mojo 2018/2019

JP | Pati – Tepatnya Desa Mojo Kecamatan Cluwak, Menurut informasi yang beredar ditengah masyarakat ada dugaan pungutan liar Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 dan 2019 di Desa Mojo, dimana warga yang mendaftar dipungut biaya Rp 700.000 ditahun 2018, Rp 500.000 ditahun 2019 dugaan Pungutan liar tersebut telah dilakukan oleh panitia PTSL, ketua panitia PTSL 2018 adalah P dan ketua PTSL 2019 A.S Selasa saat dimintai keterangan oleh awak media Journal Police.id Jatmiko.

awalnya A.S tidak mengakui jika melakukan pungli PTSL karena semua sudah sesuai prosedur. Beberapa pertanyaan terus ditanyakan oleh awak media Journal Police.id Jatmiko sampai pada akhirnya A.S mengakui bahwa ada kelebihan dari pembayaran program PTSL tersebut dan pembagiannya diatur oleh Sekdes .

Salah satu anggota BPD juga ketika dimintai keterangan terkait masalah kelebihan dari pembayaran sertifikat program PTSL tersebut menyampaikan kurang lebih sebesar Rp 109.000.000 uang tersebut di bagi-bagi oleh Sekdes, untuk Kepala Desa Mojo M yang saat ini merupakan pejabat sementara ( PJS ) mendapatkan Rp 9.000.000. Untuk BPD Rp 4.500.000 untuk ketua panitia PTSL Rp 10.000.000 itu yg disampaikan oleh anggota BPD kepada awak media.terangnya

bahkan ada tawaran dari S bersama Sekdes A.S juga menawarkan uang kepada Jatmiko dan rekannya TuBagus untuk tidak memberitakan masalah pungli yang dilakukannya namun tawaran uang tersebut tidak diterima oleh Jatmiko .

Setelah beberapa hari Kepala desa M melalui S mengatur pertemuan dengan awak media Journal Police Jatmiko dan rekannya TU Bagus di kantor balai desa untuk klarifikasi terkait. namun setelah ditemui sikap yang ditunjukkan oleh M tersebut sangatlah disanyangkan tidak patut dicontoh M membentak bentak bahkan sampai menggedor meja didepan awak media Journal Police serta menantang untuk dilaporkan terkait pelaksanaan program PTSL tersebut.

Sebelumnya warga masyarakat Desa Mojo memang tidak mengetahui bahwa biaya untuk PTSL menurut SKB 3 Menteri Rp 150.000, setelah berjalannya waktu banyak warga yang tahu bahwa desa lain cuma di mintai biaya ada yang murni Rp 150.000 ada yang 300 rb sampai 400 rb mereka mempertanyakan kemana kelebihan dari uang pembayaran tersebut.cetusnya

salah satu tokoh masyarakat mengungkapkan T, Meskipun saat ini pembuatan sertifikat program PTSL tersebut dapat terselesaikan salah satu warga desa mojo berharap apa yang dilakukan oleh panitia PTSL ini ada penindakan hukum karena apa yang sudah dilakukan merugikan orang banyak masyarakat hal tersebut supaya menjadi efek jera bagi mereka yang melakukan pungli.ungkapnya

Administrasi dan Bebas Pungli
Peraturan diterbitkan sebagai patokan pelaksanaan suatu program. Sampai saat ini tidak kurang dari 10 peraturan telah terbit sebagai pedoman pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Selain itu dalam rangka membentuk aparatur pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil, telah terbit Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Dengan terbitnya peraturan-peraturan tersebut diperlukan pemahaman oleh para pelaksana di lapangan.

Dalam pelaksanaan PTSL 2019 harus dilaksanakan sesuai dengan dasar hukum yang ada, syarat-syarat juga harus dipenuhi agar tidak menjadi masalah di kemudian hari, harus tertib administrasi. Ada beberapa komponen kegiatan yg semula menjadi beban masyarakat, telah dianggarkan dalam APBN di Kementerian ATR/BPN. Sedangkan dalam proses pra PTSL tetap menjadi beban dan tanggung jawab masyarakat, antara lain terkait Pajak, BPHTB, materai, patok dan biaya pengurusan surat-surat tanah lainnya.

Biaya yang masih harus ditanggung oleh masyarakat ini apabila tidak dipahami dengan hati-hati maka akan masuk dalam kriteria pungutan liar.

Semua pelaksana PTSL terutama di Desa harus lebih hati-hati karena terdapat pasal-pasal dalam KUH Pidana yang menegaskan melarang tentang pungutan liar. Aparat pemerintah harus lebih hati-hati selain berhadapan dengan masalah pungli, juga berkaitan dengan pidana.ungkapnya kepada awak media.dan akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.( tim jp suf / bagus/ jat )

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.