banner 468x60

Divestasi Adalah: Pengertian, Motif dan Dampak Divestasi Perusahaan

banner 160x600
banner 468x60


Divestasi Adalah: Pengertian, Motif dan Dampak Divestasi Perusahaan

Pada dasarnya, divestasi adalah suatu pengurangan pada beberapa jenis aset dalam bentuk uang atau barang, yang bisa disebut bisnis penjualan yang sudah dipunyai oleh perusahaan.

Hal ini adalah bentuk kebalikan dari investasi pada suatu aset baru.

Baca terus artikel ini untuk mengetahui pengertian divestasi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan besar dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Contents
1 Menurut Para Ahli, Divestasi Adalah
1.1 Menurut Benson et al. Divestasi Adalah
1.2 Menurut Rosenfeld (1984) DIvestasi Adalah
1.3 Menurut Linn & Rozeft (1984) Diestasi Adalah
1.4 Menurut Sudarsanam (1995) Divestasi Adalah
1.5 Menurut Moin (2004) Divestasi Adalah
2 Sederhananya, Definisi Divestasi Adalah
3 Motif Divestasi Adalah
3.1 Divestasi Dilakukan untuk Keuntungan Bersama
3.2 Melepas Beban Aset Anak Perusahaan yang Merugi
3.3 Karena Adanya Perubahan Strategi
3.4 Agar Unit Perusahaan Bisa Berdiri Sendiri
4 Dampak Divestasi Adalah
4.1 1. Rebalancing Pada Neraca Keuangan
4.2 2. Perusahaan Kehilangan Potensi Pendapatan
5

Menurut Para Ahli, Divestasi Adalah
Berikut ini adalah pengertian divestasi berdasarkan penjelasan beberapa ahli ekonomi.

Menurut Benson et al.
Divestasi Adalah Benson membagi divestasi menjadi dua, yaitu sell-off dan spin-off.

Divestasi sell-off adalah menjual beberapa bagian aset perusahaan induk, seperti divisi, lini produk atau bahkan anak perusahaan ke perusahaan lain.

Sedangkan divestasi spin-of adalah suatu kondisi dimana perusahaan menyalurkan semua saham yang dimilikinya pada suatu anak cabang yang dikuasainya.

Menurut Rosenfeld (1984) DIvestasi Adalah
Seorang ahli ekonomi bernama Rosenfeld berpendapat bahwa divestasi adalah suatu langkah perubahan portofolio pada aset perusahaan dengan menggunakan metode sell-offs ataupun spin-offs aset yang memang sudah tidak digunakan atau diinginkan lagi.

Menurut Linn & Rozeft (1984) Diestasi Adalah
Kedua ahli ekonomi ini mengatakan bahwa divestasi sell-off adalah penjualan divisi, sub bagian ataupun lini bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Dijelaskan juga bahwa divestasi sell-off adalah wujud sederhana dari divestiture yaitu proses kontraksi untuk perusahaan yang melakukan penjualan tapi dijadikan sebagai alat untuk ekspansi untuk pembeli perusahaan.

Menurut Sudarsanam (1995) Divestasi Adalah

Sudarsaman menjelaskan bahwa divestasi adalah kebalikan dari suatu pertumbuhan karena adanya akuisisi yang dilakukan dengan cara menjual sebagian perusahaan untuk alasan yang beragam.

Menurut Moin (2004) Divestasi Adalah
Moin berpendapat bahwa divestasi adalah kegiatan menjual sebagian unit bisnis atau anak perusahaan pada pihak lain agar bisa mendapatkan dana segar untuk memperbaiki kondisi perusahaan secara menyeluruh.

Sederhananya, Definisi Divestasi Adalah
Divestasi adalah salah satu istilah yang sering kali digunakan dalam dunia ekonomi dan juga keuangan. Dilansir dari wikipedia, divestasi adalah pengurangan jenis aset finansial atau aset barang yang memang dimiliki oleh perusahaan.

Divestasi adalah kebalikan dari kegiatan investasi perusahaan. Jadi, jika investasi dilakukan dengan membeli beberapa aset yang dinilai mampu memberikan keuntungan yang sangat besar di masa depan, maka divestasi adalah tindakan pengurangan beberapa aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa divestasi adalah istilah yang cenderung memiliki konotasi negatif karena kegiatan ini dilakukan dengan mengurangi beberapa jenis aset.

Contoh sederhananya Pak Budi mempunyai tanah seluas satu hektar dan ia melakukan promosi untuk menjual tanahnya tersebut. Tanpa memperdulikan alasan dia menjual tanahnya, kita tentu bisa berasumsi bahwa Pak Budi sedang mengalami kondisi kesulitan keuangan, sehingga membuatnya menjual aset tanah tersebut.***

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.