banner 468x60

Bukit Suharto, Akan Dibangun Kampus dan Sejumlah Fakultas di Unmul Bakal Pindah

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id_SAMARINDA – Universitas Mulawarman (Unmul) bakal membangun kampus baru, yang disebut Kampus Utama. Rektor Unmul Masjaya bahkan mengaku, pihaknya sudah mendapat lahan seluas 2.500 hektar di kawasan Bukit Suharto.
“Kami sudah ketemu Ibu Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Siti Nurbaya Bakar. Saya minta 1000 hektar, di Bukit Suharto kira-kira 20 kilometer dari IKN (Ibukota Negara).

Tapi ternyata tidak hanya diberi 1000, tapi 2500 hektar,” ujanrya ditemui di acara Syukuran IKN di Hotel Senyiur Samarinda Kamis (24/10/2019) siang tadi. Kampus utama akan mendukung IKN baru di Kaltim. “Supaya kita mau Unmul jadi UI (Universitas Indonesia) di IKN,” imbuhnya.

Soal pendanaan pihaknya masih melakukan perancangan oleh tim yang sudah dibentuk. Menurutnya, membangun fasilitas pendidikan punya banyak jalan.

Untuk tahap awal bisa saja dilakukan dengan menggunakan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dimana Unmul selaku Badan Layanan Umum (BLU) punya kewenangan mengelola PNBP sendiri. “Skema pembiayaan banyak, kami sudah pernah ajukan konsorsium perguruan tinggi Kalimantan di Asian Development Bank. Kalau itu dapat, sekitar Rp300 miliar. Bisa di 2021 untuk tahap awal pembangunan,” sebut Masjaya.

Penggunaan lahan Bukit Suharto yang berstatus Taman Hutan Rakyat tak menyalahi aturan.

Pasalnya, disebutkan dalam UU instansi yang mengelola hutan pendidikan bisa menggunakan lahan maksimal 10 persen.

Saat ini Unmul kata dia mengelola lebih dari 22 ribu hektar hutan pendidikan.

“Ini justru akan menjaga hutan, kalau sudah klir semua status lahannya. Persetujuan menteri masih berproses,” tegasnya.

Sejumlah fakultas akan dipindahkan ke kampus yang baru terutama fakultas yang mendukung IKN. “Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Budaya. Jadi IKN tidak perlu bangun universitas lagi,” jelas Masjaya. (Smbr korankaltim)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.