banner 468x60

BPN Kabupaten Ngawi 2018 Program PTSL Melebihi kuota Yang Diikuti 24 Desa.

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id

Ngawi – 07/02/2018 diruang PLT Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ngawi saat dikonfermasi oleh journalpolice.com ditahun 2018 menggarap 24 desa, yang tersebar di 8 kecamatan, Desa yang mengikuti program PTSL Kecamatan yaitu Padas Desa Tungkulrejo, Munggut, Sambiroto, Tambakromo, Kecamatan Karangjati, Desa Rejomulyo, Kecamatan Pitu Desa Ngancar, Kecamatan Pangkur, Desa Pangkur, Waruk Tengah, Pleset, Kecamatan Kwadungan, Desa Sumengko, Purwosari.

Selain itu juga Kecamatan Geneng meliputi desa Geneng, Kasreman, Kersikan, Kersoharjo, Klampisan, Dempel, Kecamatan Kendal, Desa Simo, Dadapan, Kendal, Majasem, Ploso, Kecamatan Paron, Desa Kedungputri, Jambangan.

Dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) ini BPN Kabupaten Ngawi menargetkan penerbitan PTSL tahun ini sebanyak 63 ribu lembar dari jumlah pemohon 80476.
Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang tengah digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat bawah.

Sebab, sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa mereka agunkan kepada pihak bank dan lembaga keuangan, selain mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga meminimalisasi konflik pertanahan yang sering terjadi selama ini.
“Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama tiga menteri yakni Mendagri, Menteri Kementerian Desa, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN ditetapkan biaya Rp 150.000/bidang tanah untuk pembelian patok 3 buah, Materai 1 lembar dan adminitrasi serta transportasi aparat desa.
kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Penerbitan sertifikat tanah ini dilakukan secara bertahap.PTSL ini program pemerintah, maka saya optimistis program ini juga akan bermanfaat bagi pemerintah daerah, Sementara itu, penerima manfaat PTSL mengaku terbantu dengan program pemerintah pusat tersebut. Selain sebagai dasar legalitas kepemilikan lahan, sertifikat tanah masyarakat pun dapat menjadi jaminan pengajuan modal usaha,” Ujar Plt BPN Kabupaten Ngawi Murtoyo.07/02/2018

Redaksi Ngawi : Handoyo jp

Editor : gendut jp

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.