banner 468x60

BAWASLU SIAP AWASI PILBUP KALTENG SERENTAK

179 views
banner 160x600
banner 468x60

PALANGKARAYA,Kalimantan Tengah

meski belum tersedia anggaran yang memadai sesuai kesepakatan, Badan Pengawas Pemilu Kalteng sial melaksanakan pengawan pesta demokrasi Pilkada di 11 Kabupaten dan Kota tahun 2018.

   Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu Kalteng Ir.Theopilis Ny.Anggen kepada pers dalam kegiatan media gatering,baru-baru ini . Diakuinya sampai saat ini baru 4 Kabupaten menyediakan anggaran untuk pengawasan Pilkada dimaksud.

   Sedangkan yang belum menganggarkan dana pengawasan mencapai 7 Kabupaten termasuk Kota Palangka Raya. Padahal pihaknya telah mengajukan kepada masing-masing daerah dimaksud.

    Kabupaten yang belum menganggarkan dana pengawasan yakni Barito Utara dengan asumsi Rp 4,727 milyar, Barito Timur dengan pagu Rp 5,32 milyar, Kapuas Rp 9,207 milyar.

    Berikutnya Kabupaten Pulang Pisau Ro 4,922 milyar, P.Raya Kota 4,071 milyar. Seruyan Rp 5,572 milyar, Sukamara dengan pagu Tl Rp 3,313 milyar.

      Sedangkan yang sudah menyediakan anggaran Murung Raya Rp 0,259 milyar, Gunung Mas Rp 1,612 milyar. Katingan Rp 0,100 milyar, terakhir Seruyan Rp 3,258.milyar.

   Pada kegiatan yang dihadiri 2 komisioner Bawaslu Kalteng Lerry Bungas dan Eko Wahyu Sulistiobudi, dipaparkan dan pengawasan antara lain untuk pengawasan pemutahiran dan daftar pemilih, pengawasan tahapan pencalonan, dan pengawasan dana kampanye.

  Pengawasan perencanaan, pengadaaan, pendistribusian perlengkapan penyelenggaran pilkada, pengawasan penghitungan suara-suara di TPS, pengawasan rekapitulasi hasil perhitungan suara, dan penetapan hasil dan terakhir pengawasan PSU hasil Keputusan MK bila ada  sengketa Pilkada.

   Diungkapkan, sedikitnya ada 3 hal peluang terjadinya pelanggaran, pertama kode etik pelaksanaan dan penyelenggaraan Pilkada diselesaikan oleh SKPP RI.

   Berikutnya pelanggaran administrasi ditangani oleh BAWASLU, dan KPU serta peluang terjadinya pelanggaran Pildana baik selama proses Pilkada maupun tahapan-tahapannya, hingga pelantikan Bupati / Walikota terpilih.

Anty (Kontributor kalteng)

Editor: nduud

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.