banner 468x60

Bareskrim Mabes Polri Sikat Mafia Solar Subsidi Terbesar di Indonesia

banner 160x600
banner 468x60

Journalpolice.id | PATI – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berhasil ungkap kasus penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dan terbesar serta menetapkan 12 tersangka di sejumlah lokasi dikabupaten Pati, Jawa Tengah.

Dari ke 12 tersangka tersebut mempunyai peran masing-masing, MA sebagai pemilik gudang, EAS dan JS sebagai pemodal, AAP sebagai kepala gudang, AS, MT, SW, AEP, FDA dan S adalah sopir mobil pengangsu, sedangkan supir truk tangki kapasitas 24 ribu liter berinisial MA, dan TH.

Mereka ditangkap ditiga tempat berbeda yang masih wilayah kabupaten Pati. Yaitu, gudang yang terletal dijalan Juwana-Pucakwangi, Desa Dukuhmulyo, Jakenan, gudang di jalan Pati-Gembong, Desa Muktiharjo, Margorejo dan terakhir digrebeg di gudang di Desa Dukuhmulyo, Jakenan.

Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Agus Andrianto saat konferensi pers mengatakan, para tersangka melancarkan aksinya sejak tahun 2021 lalu dan menjualnya kepada para nelayan dengan harga dibawah non subsidi dan ke kapal tengker Permata Nusantara V.

“Para pelaku mengangsu dari satu SPBU ke SPBU lainya, mereka menjual dibawah harga non subsidi antara 10-11 ribu, dari hasil penjualan, pelaku meraup keuntungan 4-5 ribu/liter,” Jelasnya saat konferensi pers, Selasa (24/5/2022)

Komjen Agus Andrianto mengungkapkan, modus operandi pelaku dengan cara memodifikasi kendaraan untuk mengangsu, untuk mengelabuhi petugas, pelaku menggunakan truk tangki non subsidi.

“Dari 2 PT yang kita amankan, PT. Raska Aditya dan PT. Aldi Perkasa Energi, kita akan kembangkan kasus ini sampai ke akar-akarnya, kalaupun ada anggota yang terlibat, kita akan proses sesuai hukum,” ungkapnya

Dari penangkapan sejumlah tersangka penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, Bareskrim berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, satu unit truk tangki kapasitas 24 ribu liter, 2 truk tangki kapasitas 8 ribu liter, elf, 3 mobil panther, tandon pinguin kapasitas besar dan 2 tandon kapasitas kecil serta tangki kapasitas 11 ribu liter.

( suf/jp )

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.