banner 468x60

Anda wajib tahu ! Beneficiary Adalah: Ini Pihak Yang Berhak Menerimanya!

banner 160x600
banner 468x60


Saat hendak mendaftarkan diri untuk asuransi, maka Anda akan diminta untuk mengisi data semua anggota keluarga Anda. Nah, beneficiary adalah para anggota keluarga yang akan menerima manfaat asuransi selain diri Anda sendiri. Selain itu, beneficiary juga diterapkan dalam berbagai dokumen finansial lain.

Pada kesempatan kali ini, kami sudah merangkum berbagai hal tentang beneficiary dan pembagian yang ada di dalamnya. Mari simak rangkumannya

Apa Itu Beneficiary?
Pada dasarnya, beneficiary adalah istilah yang menjelaskan kelompok atau individu yang mendapatkan keuntungan atas sesuatu. Berdasarkan laman Investopedia, beneficiary umumnya mengacu pada mereka yang sudah memenuhi syarat tertentu agar bisa mendapatkan distribusi atas kepercayaan, polis asuransi jiwa, ataupun surat wasiat.

Nama beneficiary akan dijelaskan secara khusus pada berbagai dokumen tersebut atau yang sudah memenuhi ketentuan khusus dimana mereka sudah memenuhi syarat untuk distribusi apapun yang sudah ditentukan.

Umumya, beneficiary ini akan ditentukan untuk berbagai akun finansial tetap pasca kematian, seperti kontrak anuitas, rekening pensiun, hingga polis asuransi.

Biasanya, penunjukan beneficiary menggantikan instruksi yang terdapat dalam surat wasiat. Jadi, surat wasiat hanya akan berlaku pada aset yang tidak mempunyai beneficiary yang sudah dipilih.

Apaun peristiwa besar yang terjadi dalam hidup Anda atau yang sudah terjadi pada beneficiary Anda, maka akan mampu menciptakan perubahan yang berdampak besar pada Anda ataupun mereka. Peristiwa besar tersebut mencakup kematian, kelahiran, pernikahan, ataupun perceraian.

Sebagian dari Anda mungkin harus bisa mengubah penunjukan beneficiary agar bisa mencerminkan perubahan dan memastikan orang yang tepat untuk mendapatkan aset Anda pasca kematian.

Setidaknya ada dua tipe ekobeneficiary, yaitu:

Beneficiary utama, yakni pilihan pertama pemilik akun untuk menjadi pihak penerima, bila terjadi peristiwa kematian, maka manfaat akan diberikan kepada pihak beneficiary utama, itupun bila masih hidup.

Beneficiary kontinjensi, yang bisa digunakan sebagai bentuk cadangan bila tidak ada beneficiary utama yang masih hidup ataupun bila tidak ditemukan saat aset diserah terimakan.*

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.