banner 468x60

Anda wajib tahu? Apa Itu SKBDN Dan Bagaimana Mekanismenya Dalam Bisnis?

banner 160x600
banner 468x60

Sragen, Journalpolice.id | Mungkin Anda baru kali ini mendengar istilah SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri). Apa itu SKBDN? SKBDN memang biasa digunakan dalam transaksi perdagangan dalam negeri yang melibatkan valuta rupiah, seperti uang kartal.

SKBDN adalah Letter of Credit yang digunakan dalam negeri dengan valuta rupiah.

SKBDN melibatkan bank pembuka, bank pembayar, dan pembeli dan penjual sebagai pihak ketiga. Mekanisme cara kerja SKBDN melibatkan payback period dari bank dan pihak ketiga dalam melakukan transaksi perdagangan.

SKBDN ini memang cocok untuk digunakan dalam perdagangan dalam negeri untuk menghindari risiko keuangan. Namun, tahukah Anda apa itu SKBDN, fungsi SKBDN, dan mekanisme cara kerja SKBDN? Untuk mengetahuinya simak pada pembahasan kali ini.

Apa itu SKBDN?
Dalam perdagangan luar negeri, kita telah mengenal istilah Letter of Credit (L/C) yang berlaku bagi seluruh dunia untuk melakukan perdagangan dengan menggunakan valuta asing. Dalam penerapan dan mekanisme kerjanya, SKBDN sama dengan Letter of Credit.

Lalu apa itu SKBDN? Pada prinsipnya cara kerja SKBDN sama dengan Letter of Credit yang digunakan dalam perdagangan luar negeri.

Namun, perbedaannya hanya terletak pada wilayah pabean dan jenis valuta yang digunakan. Dari pernyataan ini bisakah Anda menyimpulkan apa itu SKBDN?

Ya. SKBDN adalah Letter of Credit yang digunakan dalam negeri dengan valuta rupiah. Sekarang Anda telah mengetahui apa itu SKBDN kan?. Namun, agar pemahaman Anda tentang SKBDN lebih dalam lagi, berikut pengertian apa itu SKBDN secara lengkapnya.

SKBDN adalah kependekan dari Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri. SKBDN biasa disebut juga Letter of Credit (L/C) dalam negeri. SKBDN adalah setiap janji tertulis yang didasarkan pada setiap permintaan tertulis pemohon (applicant) yang mengikat bank pembuka (issuing bank).

Bank pembuka merupakan bank yang menerbitkan SKBDN berdasarkan permohonan tertulis applicant. Bagaimana, sekarang Anda sudah lebih paham tentang apa itu SKBDN, kan? Namun, tahukah Anda apa fungsi SKBDN?

Apa Saja Fungsi SKBDN?
Selain mengetahui apa itu SKBDN, Anda juga perlu mengetahui fungsi SKBDN. Pada dasarnya, fungsi SKBDN adalah mengikat bank pembuka untuk melakukan kewajiban-kewajibannya terkait transaksi perdagangan dengan pihak ketiga. Diantaranya fungsi SKBDN adalah untuk:

Melakukan pembayaran kepada penerima atau membuat aksep dan membayar wesel yang ditarik penerima.

Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran kepada penerima atau membuat aksep dan membayar wesel yang ditarik penerima.

Memberikan kuasa kepada bank lain untuk melakukan negosiasi wesel yang ditarik penerima karena penyerahan dokumen selama persyaratan dan kondisi SKBDN terpenuhi.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa bank bertindak sebagai lembaga perantara yang mengikatkan diri dalam perjanjian SKBDN untuk melakukan kewajiban-kewajibannya terkait dengan transaksi perdagangan pihak ketiga.

Dalam hal ini bank pembuka memiliki kewajiban untuk membayar, mengaksep, ataupun bisa memberikan kuasa kepada bank lain untuk mengaksep atau menegosiasi wesel.***

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.