banner 468x60

Amitabh Bachan Lunasi Utang Bank dan Rentenir kepada 850 Petani di India

banner 160x600
banner 468x60


Journalpolice.id-international – Aktor veteran Bollywood, , dikabarkan akan melunasi utang sekitar 850 petani di kampung halamannya, Uttar Pradesh, India. Untuk melakukan hal tersebut, Bachchan mengakui, harus merogoh kocek sebesar Rs5,5 crore (USD748.577,5 atau setara Rp11,35 miliar).

Sebelumnya, Bachchan dan sang istri, Jaya, juga membantu melunasi utang 350 petani di Maharashtra. Hal itu diakui Bachchan, dilakukannya untuk mendukung sektor agraria India yang menurutnya kurang diperhatikan pemerintah.

“Bagiku, ini pengalaman yang sangat memuaskan. Memberikan sebagian dari kekayaanmu untuk para petani yang telah mengorbankan kehidupan mereka demi kita,” ujar aktor 76 tahun dalam blog pribadinya.

Dia menambahkan, “Masih banyak yang harus dilakukan di negara bagian (India) lainnya. Semua itu harus dikerjakan.” Melansir First Post, petani India menghadapi masa paceklik akibat melonjaknya harga bahan bakar dan tanaman yang rusak karena monsoon.

Tanpa adanya perlindungan dari pemerintah, puluhan ribu petani di India terpaksa meminjam dari rentenir atau bank pembiayaan mikro dengan bunga selangit. Kondisi itu membuat para petani putus asa yang menjadi penyumbang 11 persen kasus bunuh diri di India.

Pada 2016, India bahkan memiliki catatan angka bunuh diri mencapai 11.370 yang diakibatkan stres akibat kondisi perekonomian. Inilah yang kemudian memicu ribuan petani melakukan demonstrasi di Delhi, 2 minggu lalu.

Sayang, demonstrasi itu berakhir ricuh. Polisi, menurut The Telegraph bahkan harus melepaskan gas air mata dan meriam air ke arah demonstran.(red.mjp/rhidayat/sbr.okezon.com)

Email Autoresponder indonesia
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.